Lintas Provinsi

Mr. Gusti Ketut Pudja, Diperkirakan Bakal Menjadi Nama Bandara di Buleleng

Warta Andalas | Senin, 29 Juli 2013 - 21:21:41 WIB | dibaca: 486 pembaca

WARTA ANDALAS, BULELENG - Meskipun masih terdapat tarik ulur terhadap lokasi Bandara di Buleleng, namun mulai muncul wacana penggunaan nama Mr. Gusti Ketut Pudja sebagai nama Bandara di Buleleng.

 

Hal tersebut dicetuskan oleh Direktur Sejarah dan Nilai Budaya Direktorat Jendral Kebudayaan Kemendikbud RI, Danu Drajat yang hadir dalam pembukaan Lawatan Sejarah Daerah Bali (Laseda) di Hotel Sunari, Senin, (29/07).

Menurut pandangan Danu Drajat, masyarakat Buleleng patut berbangga memiliki tokoh sejarah Mr. Gusti Ketut Pudja yang menjadi satu-satunya orang Bali yang ikut merusmuskan kemerdekaan Indonesia.

 

Ditambahkan, gelar Pahlawan yang baru saja disematkan kepada Mr. Ketut Pudja harusnya diapresiasi baik oleh masyarakat Buleleng tidak hanya melalui pengakuan formal tapi juga mengenang nilai monumentalnya.

 

“Di Buleleng belum ada monumennya, Kalau nantinya Bandara Bali Utara terealisasi dirasa pantas untuk memberikan nama Bandara Gusti Ketut Pudja,” sarannya.

Disinggung hal tersebut Kadisbudpar Ketut Warkadeya menyatakan menerima masukan yang sangat baik dari kementrian kebudayaan , pihaknya pun menyatakan akan segera membuat kajian kepada pimpinan untuk dapat menggunakan nama Mr. Gusti Ketut Pudja sebagai salah satu alternatif nama bandara yang akan dibangun di Buleleng,

 

“Masukan yang sangat bagus oleh para pemerhati sejarah, kita akan upayakan agar nama tersebut bisa digunakan sebagai bentuk apresiasi terhadap jasa-jasanya,”pungkasnya. (Humas Buleleng)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)